Bujuk Si Kecil Agar Bisa Terbuka

VIVAnews - Mencoba mengetahui isi hati dan pikiran buah hati tidaklah gampang. Kalau berbicara tentang mainan favoritnya, seperti yoyo, bakugan, atau boneka Barbie, si keci memang bisa tak henti-hentinya bercerita.

Tapi, coba jika Anda bertanya tentang aktivitasnya di sekolah atau apa yang dirasakannya, dia bisa langung ‘melempem’. Misalnya, ketika ditanya, apa saja tadi yang dilakukan di sekolah? Bagaimana PR-nya, sudahkah diperiksa ibu guru? Atau, bagaimana teman-teman di sekolah? Jawaban khas muncul seperti, “Iya”, “Tidak”, “Mungkin” atau “Bagus”.

Kalau jawabab si kecil hanya sepatah dua patah kata seperti itu, bagaimana Anda bisa mengenal dirinya lebih dekat? Itu bukan salah si buah hati. Biasanya ada jutaan pengalih perhatiannya, seperti tayangan di televisi, main play station, atau ajakan bermain dari temannya. Tentunya, si kecil akan lebih bersemangat bermain ketimbang menjawab pertanyaan Anda.

Tapi, tahukah Anda waktu paling tepat mengajak si kecil ngobrol adalah sebelum dia tidur. Saat itulah dia sudah merasa nyaman di balik selimut. Perhatiannya pun terfokus pada Anda yang sedang menemaninya. Tak perlu lama-lama, ajak dia ngobrol selama 10-15 menit. Agar dia terbiasa ngobrol, lakukan aktivitas ini setiap hari. 

Jangan lewatkan momen ini. Anda bisa menanyakan tentang sekolah, teman, dan gurunya. Bahkan, di saat-saat ini merupakan waktu tepat untuk menanamkan hal-hal penting. Misalnya, agama – memintanya berdoa sebelum tidur, atau bahkan tentang pergaulan di sekolah.

Jadi, jangan heran jika si kecil lebih cerewet saat ditanyakan tentang keseharian dirinya sebelum dia tidur. Tunggu apa lagi, ajak si kecil ngobrol mala mini di tempat tidurnya!

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024