Putih Awan Ala Obin

VIVAnews - Jossephine Werratie Komara atau yang lebih dikenal dengan Obin membuat buku koleksi kain pertamanya. Buku ini berisi koleksi khusus kain putih, yang telah dibuat Bin House sejak tahun 1999 lalu hingga yang terbaru. Buku yang berjudul "White On White" ini diluncurkan di Sampoerna Strategic Square pada, Senin 24 Agustus 2009.

Bersamaan dengan peluncuran bukunya diadakan juga pameran kain bernuansa putih karya Bin House. Pameran tersebut diadakan selama satu minggu dari tanggal 24 Agustus sampai 30 Agustus 2009 di Main Lobby, Sampoerna Strategic Square, Sudirman Jakrta.

Kain-kain dari berbagai jenis warna putih, seperti putih tulang dan putih gading tergantung indah di langit-langit ruang pameran. Kain sengaja digantung di langit-langit seperti awan karena saat merancang Obin terinspirasi awan.

"Warna putih awan bisa berubah tergantung cahaya matahari yang menyinarinya. Bisa bernuansa biru, kuning, hitam, dan kemerahan. Sturukturnya pun bisa berubah kadang tebal kadang tipis," kata Obin dalam acara peluncuran bukunya di Sampoerna Strategic Square, Jakarta.

Kain-kain putih yang dipamerkan sebagian besar berbahan sutra, dan ada juga yang berbahan katun. Pembuatan kain-kain tersebut semuanya dilakukan secara manual dengan menggunakan alat tenun bukan mesin. Jadi, membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk menghasilkan sehelai kain.

Metode pembuatannya pun cukup beragam dan merupakan teknik baru yang inovatif. Antara lain menggabungkan antara teknik sulam, teknik batik dan tenun. Pewarnaannya pun mengandalkan teknik pewarnaan alami sehingga membuat kain terlihat cantik dan sangat unik.

Melalui bukunya 'White on White', Obin juga ingin mengenalkan kepada masyarakat beragam jenis teknik pembuatan kain. Ia juga mengharapkan masyarakat Indonesia tidak hanya menggunakan kain Indonesia tetapi juga mengetahui makna dan cara membuatnya.

"Untuk lebih mengenal kain Indonesia, cobalah untuk mencari kain di lemari ibu di rumah. Tanyakan padanya fungsi dan makna kain tersebut serta cara menggunakannya," pesan Obin.

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta
Areum mantan member T-ara

Areum Eks T-ARA Sudah Sadar Kembali Usai Sempat Mencoba Bunuh Diri

Kabar baik datang, Areum eks T-ARA dikabarkan telah sadar kembali setelah kejadian yang menghebohkan publik dan melakukan percobaan bunuh diri beberapa hari lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024