Mengatasi Punggung Agak Bungkuk

Tanya:
Sejak remaja, hingga sekarang, saya (27) merasa bagian punggung makin membungkuk. Kata teman-teman, punggung agak bungkuk ini akibat cara duduk dan berdiri saya, sembarangan, tidak tegak. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana agar punggung saya bisa kembali tegak? Latihan apa yang dapat menegakkan badan?

fxxx@yahoo.com

Jawab:

Sebetulnya, apa yang teman-teman Anda katakan ada benarnya. Posisi duduk dan berdiri yang seenaknya saja, lama-kelamaan dapat menyebabkan punggung membungkuk. Bahkan, sakit punggung yang berkepanjangan. Kondisi ini bisa disebabkan karena otot perut dan punggung yang lemah, akibat sikap tubuh yang tidak benar, dan duduk atau berdiri terlalu lama.   

Jadi, jika terpaksa berdiri lama pada satu posisi, taruh satu kaki pada sesuatu yang datar atau kursi. Ketika duduk, taruh bantal di bagian lengkung punggung jika sandaran kursi tidak ergonomis.

Nah, untuk latihannya, Anda dapat melakukan latihan beban untuk menguatkan otot-otot punggung, terutama bagian atas. Caranya, berdirilah tegak dengan tangan kanan membawa dumbbell (2kg). Di samping kiri letakkan bangku latihan.

Membungkuklah, taruh lutut kiri di atas bangku latihan, dengan tangan kiri menopang tubuh bagian atas. Sementara kaki kanan tetap berada di samping bangku. Angkat dumbbell ke arah dada, ulangi 10-12 kali. Setelah itu, ulangi dengan beban pada tangan kiri. Bila latihan dilakukan secara teratur dalam waktu 6-9 bulan, secara perlahan punggung Anda akan kembali tegak.

Nissan Kembangkan Baterai Canggih untuk Mobil Listrik
Ilustrasi bergosip/gibah.

Jaga Mulut! Ini Alasan Mengapa Dosa Ghibah Lebih Besar Dibandingkan Zina

Dalam Surat Al-Hujurat ayat 12, dikatakan bahwa menyampaikan keburukan atau aib (ghibah) seseorang sama dengan memakan daging bangkai saudara kita sendiri.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024